Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru! 4+ Cara Membatalkan Pesanan Shopee Sudah Dibayar Rekening & Cod

Konten [Tampil]
Membatalkan Pesanan di Shopee - Mengenang pengalaman beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 3 september 2023 kemaren. Waktu itu saya membeli salah satu produk di shopee. Karena barang tidak sesuai dengan review penjual, akhirnya dengan sigap saya langsung membatalkan pesanan tersebut. Karena saya sudah lama sekali menggunakan aplikasi shopee, maka saya tau persis bagaimana sistem cara pembatalan pesanan di shopee ini. Tergolong sangat mudah meskipun waktu itu pesanan sudah dibayar melalui transfer di indomaret.

PENGALAMAN MEMBATALKAN PESANAN DI SHOPEE


Anda bisa bayangkan bagaimana nasib pesanan yang sudah diproses & dikirim oleh penjual, tiba-tiba ingin anda cancel ?
Cara Pembatalan Pesanan Di Shopee Belum & Sudah Terbayar
Lain lagi kalau semua pesanan belum ada transaksi sama sekali dari pihak penjual, dengan kata lain pesanan belum di bayar atau belum diproses, maka pembatalannya akan lebih mudah. Tetapi kalau anda sudah menjadi pelanggan shopee yang baik, maka sistem pembatalannya pasti juga sangat mudah.

Dirilis dari sumber beberapa pengalaman yang sudah di uji oleh Raliashop.com, tentunya kalian harus memahami dulu beberapa kasus yang bisa diajukan sebagai banding untuk pembatalan pesanan di shopee yang sudah atau belum dibayar bahkan sudah dikirim oleh seller shopee. Untuk itu, simaklah beberapa langkah panduan yang saya sampaikan dibawah ini agar kalian bisa membatalkan pesanan di shopee terbaru 2021 secara cepat dan uang kembali ke rekening anda kembali.

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Terbaru


Dibawah ini merupakan panduan untuk membatalkan pesanan di shopee terbaru yang bisa anda ikuti :

  1. Buka aplikasi SHOPEE > lalu masuk halaman 'Saya
  2. Klik 'Dikemas
  3. Pilih 'Pesanan yang ingin dibatalkan'
  4. Klik 'Batalkan Pesanan' pada halaman Rincian Pesanan
  5. Pilih 'Alasan Pembatalan' pesanan
  6. Klik 'Batalkan Pesanan' untuk Pembatalan Instan atau 'Ajukan Pembatalan Pesanan' untuk Pembatalan Non-Instan
  7. Muncul notifikasi verifikasi pembatalan, lalu klik "Konfirmasi"

Saya juga sudah menyediakan screenshot pengalaman pembatalan pesanan di shopee terbaru 2021 untuk mempermudah anda saat mengikuti panduan diatas. Cekidott....

Alasan Yang Tepat Untuk Mengajukan Pembatalan Pesanan


Saya bisa mengajukan pembatalan di shopee ketika pembayaran pesanan sudah di verifikasi oleh beberapa alasan pembatalan berikut ini:

  • Penjual tidak merespon chat dari saya
  • Permintaan oleh penjual itu sendiri
  • Saya ingin merubah rincian atau membuat pesanan baru lagi
  • Ternyata produk memiliki status ulasan buruk seperti contohnya: Bukan produk asli, berbeda dengan deskripsi, dll
  • Penjual memerlukan waktu yang cukup lama dalam pengiriman pesanan saya
  • Penjual mencurigakan dan berkelakuan curang seperti Contoh: Mengajak saya untuk bertransaksi di luar system Shopee
  • Saya berubah pikiran saat menemukan produk dengan harga lebih murah di toko lain dll.

Sistem Yang Digunakan Untuk Membatalkan Pesanan Shopee


Dikutip sari website resminya, Ada 2 sistem pembatalan pesanan di shopee untuk pelanggan yang bisa saya jadikan referensi untk kalian disini diantaranya adalah Pembatalan Instan & Pembatalan Non-Instan berikut penjelasannya:

  1. 1. Pembatalan Shopee Instan adalah pembatalan pesanan di shopee yang belum dibayar atau belum diproses pengiriman oleh penjual dalam kurun waktu satu jam.
- Membatalkan Instan bisa dilakukan bila :
Klik 'Batalkan Pesanan' sebelum Penjual request pick-up (jemput) atau input no. resi pesanan anda, dan Pembatalan dilakukan dalam kurun waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Contoh:
Pembayaran pesanan anda diverifikasi jam 09.00 dan dibatalkan jam 09.30, itu penjual belum request pick-up / belum input no. resi pesanan atau (belum dalam proses pengiriman).Maka, pesanan itu dibatalkan secara instan (otomatis) & tidak memerlukan respon lebih lanjut dari penjual.
  1. 2. Pembatalan Shopee Non-Instan adalah pembatalan pesanan di shopee yang sudah dibayar atau sudah diproses penjual dan barang sudah dalam pengiriman.
- Pembatalan Non-Instan di shopee terjadi jika :
Klik 'Batalkan Pesanan' ketika penjual sudah request pick-up (jemput) atau input no. resi pesanan, atau pembatalan pesanan dilakukan melebihi 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Contoh:
Pembayaran pesanan dishopee terverifikasi jam 09.00 dan dibatalkan jam 12.00 atau setelah seller sudah merequest pick-up (jemput) dan sudah menginput no. resi pesanan anda (pesanan sudah dalam proses pengiriman). Maka, pesanan anda akan membutuhkan respon dari penjual.

Perlu diketahui:

  • kita tidak bisa memilih antara pembatalan secara Instan atau Non-Instan. Karena semua proses membatalkan pesanan di shopee akan ditentukan oleh sistem.
  • Pada sistem Non-Instan, penjual mempunyai hak penuh untuk menolak pengajuan pembatalan pesanan yang sudah diproses dan penjual akan tetap memproses pesanan anda seperti biasa.

Pembatalan Pesanan di Shopee Saat di Tolak Penjual


Jangan panik jika proses pengajuan pembatalanmu ditolak penjual saat menggunakan sistem Instan / Non-Instan, karena untuk pengajuan pembatalan pesanan di shopee yang sudah di proses setelah pembayaran sudah terverifikasi jika ditolak anda bisa menghubungi penjual melalui call center customer service atau dengan fitur live chat shopee. Anda bisa menghubungi penjual dngan chating langsung perihal pembatalan pesanan tsb.

Opsi lain agar kedua belah pihak tidak kecewa dan tidak merasa dirugikan, lebih baik anda menukar pesanan yang ingin dibatalkan dengan produk lain dari pelapak yang sama. Itu lebih baik dan saya yakin penjual akan dengan senang hati merespon anda. Jika anda ingin melakukan live chat shopee, langsung saja lihat Disini.

Dengan demikian maka usai sudah penjelasan kami mengenai tutotial penting Cara Membatalkan Pesanan di Shopee terbaru 2021 saat ini. Semoga saja informasi tersebut dapat membantu anda ketika ingin membatalkan pesanan di shopee yang belum atau sudah dibayar / diproses. Memang sih lebih mudah membatalkan pesanan di shopee dengan COD. Semoga membantu.
Show Comments Show Comments

1 comment for "Terbaru! 4+ Cara Membatalkan Pesanan Shopee Sudah Dibayar Rekening & Cod"

  1. Mohon dibaca dan pahami artikel diatas, agar dapat menjalankan tutorialnya dengan baik dan benar.

    ReplyDelete