Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Plus Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Sudah dan Belum Dibayar Via Hp & Pc

Konten [Tampil]

PEMBATALAN PESANAN TOKOPEDIA

Membatalkan Pesanan di Tokopedia – Belanja di tokopedia memang asyik toppers. Saking asyiknya sehingga kita lupa buget yang telah kita tentukan sebelum belanja online. Itulah pengalaman yang pernah aku alami sebelumnya. Begitu banyaknya barang yang aku pilih waktu itu, sehingga dengan terpaksa saya harus membatalkan pesanan di tokopedia dan melakukan pengembalian dana pembayaran pesanan saat itu juga.
Cara Pembatalan Pesanan di Tokopedia
Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia
Jika anda mengalami kejadian yang sama, meskipun itu lewat browser web di pc atau menggunakan aplikasinya di hp, ada baiknya anda mengikuti tutorial pembatalan pesanan di tokopedia yang sudah atau belum dibayar, dikirim atau diproses penjual beserta pengembalian dana terbaru 2023 seperti yang telah saya gunakan dan terangkum dalam sebuah artikel dibawah ini.

BAGAIMANA CARA MEMBATALKAN PESANAN DI TOKOPEDIA?


Ketika berbelanja produk di Tokopedia, baik itu lewat hp dengan aplikasi atau lewat web di pc, kamu bisa membatalkannya dengan beberapa alasan.

Misalnya saja, pesanan kamu belum diproses oleh penjual, salah membeli produk, kurang lengkap memberikan alamat tujuan dll. Itu tidak masalah karena kita masih bisa untuk membatalkan pesanan di tokopedia tersebut.

Beberapa pengalaman diantara pelanggan tokopedia banyak sekali yang bertanya mengenai pembatalan pesanan di tokopedia saat ini.

Disini ada beberapa rangkuman pertanyaan yang sudah kami dokumentasikan sebagai acuan anda ketika mengalami persoalan seperti berikut :

  1. Bagaimana cara membatalakan pesanan di tokopedia yang sudah dibayar ?
  2. Bagaimana cara pembatalan pesanan di tokopedia yang belum dibayar /diproses ?
  3. Bagaimana cara membatalkan transaksi ?
  4. Bagaimana cara pengembalian dana setelah pembatalan pesanan di tokopedia ?

Jika ada beberapa pelanggan tokopedia yang kebetulan mengalami salah satu permasalahan seperti diatas, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungi seller atau No telp tokopedia terlebih dahulu.

Hal itu berguna untuk menanyakan apakah pesanan anda sedang dalam proses atau belum. Mengapa demikian,,? Ikuti penjalasannya berikut ini Toppers,,!!

Dalam proses pengajuan pembatalan pesanan di tokopedia yang sudah dibayar sangat berbeda sekali tidak seperti membatalakan pesanan di tokopedia yang belum dibayar atau diproses.

Baca juga: Membatalkan Pesanan Shopee

1.1 CARA PEMBATALAN PESANAN DI TOKOPEDIA TERBARU


Kalau anda sudah membayar pesanan dan sudah di verifikasi, tetapi sang penjual belum juga meresponse pesanan tersebut, maka ikuti langkah cara pembatalan pesanan tokopedia yang sudah atau belum dibayar, dikirim atau diproses penjual beserta pengembalian dana terbaru 2023 via aplikasi di Hp atau lewat Browser web di pc seperti berikut ini.

  • Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Lewat Aplikasi di Hp


  1. Buka Aplikasi Tokopedia > Klik menu (tiga garis) di pojok kiri atas
  2. Pilih "Pembelian", kemudian pilih "Status Pemesanan"
  3. Pilih "Ajukan Pembatalan" pada invoice yang ingin dibatalkan
  4. Muncul pop-up "Pengajuan Pembatalan Pesanan", Isi alasan pembatalan pesanan di tokopedia, lalu klik "Ajukan"
  5. Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirim ke penjual
  6. Tunggu respon jawaban dari penjual maksimal 2×24 jam terhitung dari verifikasi pesanan

  • Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Via Web di Pc


  1. Masuk Website Tokopedia > Klik simbol pesan pada bagian atas homepage
  2. Pilih "Status pemesanan"
  3. Klik "Ajukan pembatalan" pada invoice yang ingin dibatalkan
  4. Muncul pop-up "Pengajuan Pembatalan Pesanan" > Isi alasanmu membatalkan pesanan, lalu klik "Ajukan"
  5. Proses pengajuan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual
  6. Tunggu jawaban dari penjual yang memberikan respon maksimal 2×24 jam

1.2 PEMBATALAN PESANAN TOKOPEDIA YANG SUDAH DI BAYAR

cara membatalkan pesanan di tokopedia sudah dibayar
Ada beberapa point yang harus kalian perhatikan sebelum membatalkan pesanan di Tokopedia, Ini wajib untuk kalian ketahui agar proses refund pesananmu di tokopedia bisa berjalan dengan lancar. Beberapa ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak tokopedia adalah sebagai berikut.

  1. Tombol "Ajukan pembatalan" akan muncul setelah 6 jam sejak pembayaranmu diverifikasi Tokopedia atau sejak pesanan diteruskan ke Penjual.
  2. Tombol "Ajukan pembatalan" akan hilang apabila:
  • Kamu sudah pernah mengajukan pembatalan untuk pesanan terkait.
  • Penjual sudah memproses pesanan.

Perlu diketahui bahwa, seorang penjual mempunyai hak menolak pembatalan pesanan pembeli karena beberapa alasan tertentu, seperti produk sudah terlanjur dipesan ke supplier, dan lain sebagainya.

Jika hal itu terjadi, maka penjual akan tetap memproses pesanan dan kalian dapat memantau status pesanan tersebut secara berkala disetiap waktu.

1.3 PEMBATALAN PESANAN TOKOPEDIA YANG BELUM DIPROSES

membatalkan pesanan di tokopedia yang belum dibayar

Apabila saat ini anda memesan produk di tokopedia tetapi belum melakukan transaksi pembayaran bahkan belum diproses, atau dikirim dan ingin membatalkan pesanan di tokopedia saat itu juga karena alasan tertentu, ada baiknya kalian biarkan saja pesanan itu selama 1x24 jam.

Maka secara otomatis pesanan akan di batalkan pihak tokopedia berikut bersama pengembalian dana pembayaran. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot melakukan tutorial pembatalan pesanan diatas. Cara lain yang dapat kalian lakukan adalah melakukan pembatalan transaksi seperti dibawah ini.

1.4 PEMBATALAN TRANSAKSI TOKOPEDIA & PENGEMBALIAN DANA

Jika ingin membatalkan transaksi, ada beberapa langkah cara membatalkan pesanan secara cepat dan uang kembali yang bisa kalian ambil, yaitu seperti berikut :

  • Buka "Notifikasi"
  • Pilih "Menunggu pembayaran"
  • Klik icon (titik tiga) lalu pilih "Batalkan transaksi"
  • Muncul pop-up "Batalkan Transaksi" pilih "Ya"
  • Pesanan anda akan di batalakan dan dana sebagian ( Ovo point, Ovo cash atau Saldo refund) yang anda gunakan akan kembali secara otomatis

Demikianlah info penting tentang Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang sudah atau belum dibayar, dikirim atau diproses penjual beserta pengembalian dana terbaru 2024 yg dapat saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Sekarang kita tidak perlu bingung lagi jika keliru membeli barang dan ingin membatalkan pesanan di tokopedia. Sekian semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para Toppers mania.
Show Comments Show Comments

2 comments for "4 Plus Cara Membatalkan Pesanan Tokopedia Sudah dan Belum Dibayar Via Hp & Pc"