Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Nomor Induk Siswa NISN Berdasarkan Nama Sekolah

Konten [Tampil]

NOMOR INDUK SISWA NASIONAL (NISN)

CaraInduk - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan mulai 2019 tidak ada lagi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) namun diganti dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 2019 berdasarkan nama dan sekolah
Apa Benar?
Menurut Informasi yang saya dapat januari lalu, Bpk Muhadjir Effendy mengatakan bahwa :

"Dengan dijadikannya NIK sebagai pengganti Nomor Induk siswa Nasional, maka akan mempermudah pendataan anak-anak yang masuk dalam usia sekolah. Dalam hal ini peranan pendidikan nonformal menjadi strategis bukan lagi pelengkap tapi memiliki peran utama".

"Terutama untuk memberikan kesempatan pada peserta didik, dengan alasan tertentu tidak dapat masuk ke jalur formal. Sehingga nanti target kita dengan disatukannya data yg ada di Kemendagri dengan data Kemdikbud, maka wajib belajar dapat terwujud," tambah dia.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan dengan NIK dapat mengetahui anak-anak putus sekolah. Sehingga Mendikbud bisa memerintahkan dinas kependidikan daerah untuk mengecek kondisi anak itu.

"Kalau ternyata tidak punya biaya untuk sekolah, kita bisa mengurusnya dan memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP)." Dengan demikian, lanjut Zudan wajib belajar 12 tahun bisa terwujud dengan terintegrasinya data yg ada di Kemendagri dan juga Kemdikbud.


Dari beberapa keterangan dari sumber berita diatas, tentunya banyak yang berangan-angan :


SEBENARNYA, APA SIH NOMOR INDUK SISWA ITU?

Nomor induk siswa sekolah adalah beberapa digit angka unik yang merupakan kode tanda pengenal identitas seorang pelajar. Nomor induk siswa ini untuk membedakan antara pelajar satu dengan yg lainnya sehingga mempermudah pencarian berdasarkan nama siswa yng ditujukan untuk perihal tertentu.


BAGAIMANA CARA MENCARI NOMOR INDUK SISWA SAYA?

Nomor induk siswa ini dapat kalian dapatkan ketika pertama kali kalian mendaftar di tahun ajaran baru di setiap sekolah masing-masing. Hal itu bisa di cek berdasarkan nama sekolah tempat anda belajar. Sebelum kebenaran itu kita verifikasikan dari sumber yg jelas, kali ini ada pembahasan menarik tentang NISN menurut beberapa pengakuan dari beberapa siswa yg saya temui di salah satu sekolah menengah keatas kawasan surabaya kemarin. Yang jadi pertanyaan mereka adalah:

  • Bagaimana cara cek NISN kita ?
  • Apakah saya sudah terdaftar di NISN?
  • Bagaimana cara mengurus NISN jika saya belum terdaftar?
  • Bagaimana cara mengurus data NISN yang tidak sesuai akta Kelahiran saya?
  • Bagaimana cara mengurus Kartu NISN saya yang hilang?
  • Bagaimana Jika saya punya 2 NISN, mana yang digunakan?



Nanti akan saya jelaskan satu-persatu dibawah, untuk menjawab semua pertanyaan dibenak kalian. Wajib kalian ketahui dulu sebenarnya apa sih fungsi adanya nomor induk siswa ini dibuat.



UNTUK APA NOMOR INDUK SISWA NASIONAL ITU?

Dinas kependidikan sendiri telah menetapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini sebagai tanda pengenal identitas siswa yang lebih standarisasi di tingkat nasional dalam kesatuan republik Inonesia dan berlaku seumur hidup di seluruh sekolah Indonesia bahkan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Nomor induk kependidikan tersebut, diberikan kepada setiap siswa yng bersekolah di lembaga pendidikan yg memiliki NPSN & terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Selain sebagai sarana identifikasi setiap siswa di seluruh sekolah se-Indonesia, NISN juga sangat perlu dimiliki oleh setiap siswa sbagai penunjang kegiatan administrasi terkait pembelajaran pendidikan diantaranya:

  • Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
  • Ujian Nasional (UN)
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN)

Dikutip dari laman resmi Dapodik (Data Pokok Pendidikan Nasional) Kemendikbud, berikut beberapa solusi bila terjadi masalah NISN siswa angkatan 2017 sampai dengan 2018 seperti yng banyak terjadi kalangan siswa sehingga timbul banyak pertanyaan yang harus kita luruskan kebenarannya seperti berikut:


1. Bagaimana cara cek NISN saya?

Untuk mengetahui NISN kalian, silahkan cek NISN siswa di menu DATA SISWA atau klik pada link situs resmi NISN, melalui tautan berikut DISINI . Pengecekan dapat kamu lakukan dengan dua metode berikut:

  • Masukan nomor induk siswa bila sudah memiliki
  • Masukan nama lengkap siswa (sesuai akta lahir), tempat lahir dan tanggal lahir jika belum mengetahui NISN.


2. Bagaimana cara mengurus NISN jika saya belum terdaftar?

Sebaiknya kalian melakukan pengecekan dulu. Jika nomor induk siswa tidak ditemukan, silahkan isi Formulir Peserta Didik (F-PD) serta formulir A.1 guna pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id lalu lakukan beberapa langkah berikut:
  • Cetak beberapa formulir tersebut
  • Isilah formulir secara manual
  • Serahkan ke operator NISN/NPSN atau sekolah siswa berasal
  • Pihak sekolah wajib mengirim formulir A.1. ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN kepada siswa tersebut.


3. Bagaimana cara mengurus data NISN yang tidak sesuai akta kelahiran saya?

Download formulir A.3. Pengajuan Perbaikan formulir Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id kemudian lakukan beberapa langkah berikut:

  • Cetak beberapa formulir tersebut
  • Isilah formulir secara manual
  • Serahkan ke operator tingkat sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan
  • Pihak sekolah, harus mengirimkan formulir perbaikan tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id.


4. Bagaimana cara mengurus kartu NISN saya yang hilang?

  • Apabila terjadi suatu kerusakan, kesalahan atau kehilangan kartu NISN, Kalian wajib melaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah dimana NISN tersebut dibuat.


5. Bagaimana jika saya punya 2 NISN, mana yang digunakan?

  • NISN yang berfungsi adalah NISN yang sudah kalian gunakan untuk alat administrasi atau validasi dari siswa bersangkutan di sekolahnya. Jika tidak demikian, maka NISN yang digunakan ialah NISN yg paling kecil kodenya. Untuk NISN yg tidak digunakan mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus


6. Bagaimana jika sekolah baru menanyakan NISN, tapi saat kelulusan dari sekolah lama saya tidak diberi NISN?

Lakukan pengecekan NISN seperti langkah nomor satu diatas.Apabila tidak menemukan, silahkan download formulir peserta didik (F-PD) dan formulir A.1. pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN pada situs diatas, lalu lakukan beberapa hal berikut:

  • Cetak beberapa formulir tersebut
  • Isilah formulir secara manual
  • Serahkan ke operator NISN/NPSN atau sekolah siswa berasal
  • Pihak sekolah wajib mengirim formulir A.1. ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN kepada siswa tersebut.

Sebenarnya Informasi tentang Nomor Induk Kesiswaan ini wajib untuk kalian ketahui sebelumnya. Ini sebagai kevalidan kependidikan kalian selama ini ketika menjadi peserta didik di suatu lembaga kependidikan. Selain itu peranan orang tua sebagai wali murid, juga sangat penting untuk mengetahui kelayakan pengajaran untuk anak tercintanya.

Sekian ulasan penting mengenai referensi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang dapat saya sampaikan. Semoga saja ini dapat membuka mata kita lebar-lebar betapa pentingnya arti pendidikan untuk masa depan kita kelak. Nomor Induk ini menjadi suatu peranan penting dalam jenjang perjalanan karir kita. apabila nomor induk siswa ini sudah di gantikan dengan Nomor induk kependudukan, itu tidak jadi masalah besar buat kita. Toh pada dasarnya itu sama saja peranannya. Yang jelas untuk hasil lebih positif.
Show Comments Show Comments

1 comment for "Cek Nomor Induk Siswa NISN Berdasarkan Nama Sekolah"

  1. Mohon dibaca dan pahami artikel diatas, agar dapat menjalankan tutorialnya dengan baik dan benar.

    ReplyDelete