Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Cara Buat & Kirim Surat Lamaran Kerja lewat email

Konten [Tampil]
CaraInduk - Jaman modern saat ini sangat sulit mencari pekerjaan sesuai kriteria kita. Sehingga banyak sekali pengangguran yang harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Ketika sudah menemukan pekerjaan yang sesuai kemampuan, sekian banyaknya orang memilih melamar kerja secara online lewat Hp ataupun laptop. Dengan cara mengirim lamaran kerja lewat email Gmail yang menarik, baik dan benar. karena sangat meminimalisir biaya dan waktu anda pada waktu itu.


CARA MENGIRIM LAMARAN KERJA LEWAT EMAIL 2023

Menurut pengalaman saya, sebenarnya cara mengirim lamaran kerja lewat email itu sangat-sangatlah mudah. Tetapi cara buat CV lamaran yng kita kirim pakai Gmail di Hp / Pc agar nantinya akan dibuka oleh HRD -nya itu membutuhkan begitu banyaknya trik metode khusus.

Asalkan kalian tau saja, tidak semua Perusahaan di Indonesia menerima permohonan kerja lewat email atau secara online. Masih ada juga yg menggunakan metode lama jaman dulu dengan cara langsung datang mengirim surat lamaran kerja ke Perusahaan terkait dan kalian pasti pernah mengalaminya.

jika menggunakan metode lama, saat melamar pekerjaan, saya rasa kalian pasti sudah mengerti bagaimana cara membuat lamaran kerja dan CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup yang sesuai persyaratan perusahaan bersangkutan.


Tips dan Trik Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Pada dasarnya, cara mengirim lamaran kerja lewat Email, itu sama dengan mengirim pesan email Gmail sob, Perbedaanya ada dalam struktur format pesan & tata cara mengirim CV lamaran lewat email harus baik dan benar. sehingga semua pihak HRD - nya mau membuka pesan email lamaran kita.

Menoleh dari beberapa pengalaman yang saya alami sebelumnya, langkah terbaik untuk semua pelamar kerja via online adalah membaca 7 tips pengiriman lamaran kerja via email berikut:
  • Format lamaran kerja tuliskan langsung di body atau badan pesan email dengan menyertakan referensi/sumber lowongan kerja dari mana, maksud tujuan serta harapan Anda
  • Kapasitas lampiran tidak boleh lebih dari 2 MB dan harus dalam bentuk PDF. Atau sesuai ketentuan perusahaan.
  • Gunakan jenis font yang umum saja seperti Arial, Times New Roman, Courier.
  • Nama pengguna atau alamat email yang dipakai, usahakan nama lengkap asli dan menggunakan email Gmail ( akun google ) Contoh alamat email Gmail yang benar dan bisa anda contoh formatnya, yaitu seperti ini : ahmadnuriman@gmail.com
  • Usahakan dalam menulis surat lamaran kerja, jangan sampai ada satupun ejaan kata bahkan kalimat yang salah. Maka dari itu sebelum surat lamaran dikirim lewat email ke perusahaan, ada baiknya kalian teliti terlebih dahulu.
  • Jangan terlalu banyak kata-kata seperti cerita. Usahakan singkat padat dan jelas sesuai format dan tujuan lamaran kerja yang dikirim.
  • Terakhir tulis Email HRD Perusahaan secara benar dan pastikan juga mengisi subject email lamaran kerja dengan menyertakan kalimat Lamaran kerja - Posisi lowongan pekerjaan & Nama lengkap

jika kalian sudah memahami tips diatas, sekarang waktunya kamu membuat surat lamaran kerja di hp melalui metode berikut:


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Aplikasi Google Document

  1. Unduh dan instal aplikasi Google Dokumen disini
  2. Klik tombol " plus" (+)
  3. Pilih "Dokumen baru" lalu mulai menulis surat lamaran kerja dan jangan lupa judulnya
  4. Klik menu ber Icon titik 3 di kanan atas layar, kemudian pilih " salin sebagai" lantas pilih opsi PDF lalu klik "ok"
  5. Sekarang buka aplikasi Google Drive di hp. Usahakan kedua aplikasi diatas menggunakan akun Gmail yang sama agar file Lamaran kerja salam bentuk PDF teesebut sapat langsung tersinkron.

Nb: Kalau filemu belum ada di drive, ketikkan judul surat lamaranmu tersebut di kolom pencarian drive lalu "unduh"


Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Berikut akan admin berikan contoh surat lamaran kerja lewat email beserta berkas / dokumen persyaratan dari perusahaan

Berkas lamaran kerja yang dibutuhkan:
  1. Foto berwarna 4x6
  2. Ijazah
  3. Sertifikat keahlian non formal (kalau punya)
  4. Cv atau daftar riwayat hidup
  5. Skck
  6. KTP
Ingat semua berkas dokumen surat lamaran kerja tersebut harus di scan dulu. Kalau kamu sudah menyiapkan berkas surat lamaran kerja, sekarang saya berikan cara mengirimnya lewat email. Silahkan ikuti panduannya berikut :

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Dengan Aplikasi Gmail

Jika kalian sudah mengerti cara membuat surat lamaran kerja lewat email, coba amati juga contoh lamaran kerja & CV yang baik dan benar.

Sekarang, lanjut ke langkah berikutnya yaitu cara mengirim email lamaran kerja lewat Hp Android dngan aplikasi Gmail
  • Pertama, buka email Gmail di Hp
  • Dalam menu pesan utama, pilih “PENA”
  • Isi kolom DARI dengan alamat email kamu dan masukkan Alamat Email HRD Perusahaan dikolom KEPADA.
  • Isilah Subject Email lalu setelah itu tulislah langsung surat Lamaran Kerja di badan pesan email. 
  • Sertakan juga: Referensi / sumber lowongan kerja tersebut beserta maksud tujuan serta harapan secara singkat dan jelas.
  • Kalau kamu bingung seperti apa contoh surat lamaran kerja via email maka, lihat gambar berikut.
  • Sekarang lampirkan CV dan dokumen lain yang dibutuhkan


Cara Mengirim CV Lewat Email di Gmail

  1. Pilih menu ber Icon Clip di bagian kanan atas. Maka muncul pilihan perintah unggah file dari “Lampiran File atau Google Drive”
  2. Pilih “Lampirkan File” untuk mengupload CV atau dokumen lain seperti Ijazah, SKHUN, KTP, dll di Hp yang sebelumnya sudah saya siapkan dengan aplikasi Scan foto di Android.
  3. Setelah mengunggah semua file (berkas lamaran kerja), maka pilih tombol “KIRIM”


Contoh CV Lamaran Kerja Lewat Email

Karena saat ini kita akan mengirim dokumen surat lamaran pekerjaan lewat email maka kalian dapat membuat CV online melalui aplikasi pembuat CV.

Berikut adalah contoh CV menarik untuk kelulusan SMK atau SMA sederajat  tahun ajaran baru :

Selain aplikasi tersebut, kalian juga bisa membuat CV dengan mamanfaatkan aplikasi Google Document yang bisa diunduh secara gratis via Play Store.


Aplikasi Scan Foto Untuk Lamaran Kerja Lewat Email

Apabila kalian mau mengirim lamaran kerja lewat email di Hp tetapi belum scan CV serta dokumen lain yng dibutuhkan perusahaan sebagai persyaratan kelengkapan berkas lamaran, maka kalian bisa memakai aplikasi scan foto di Hp melalui Google Play Store.

Berikut ini contoh Aplikasi Scanner Android yang bisa kalian download untuk cara scan foto terbaik:
  1. Camera Scanner
  2. Tiny Scanner
  3. CamScanner
  4. Fast Scanner
  5. Simple Scan

Cukup sudah informasi tentang Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di Hp / PC terbaru 2023. Semoga contoh surat lamaran kerja diatas dapat membantu para pengangguran & selamat beraktifitas.
Show Comments Show Comments

1 comment for "Pengalaman Cara Buat & Kirim Surat Lamaran Kerja lewat email"

  1. Mohon dibaca dan pahami artikel diatas, agar dapat menjalankan tutorialnya dengan baik dan benar.

    ReplyDelete